Rabu, 01 Juli 2015

HUBUNGAN INTERNASIONAL UMM


KEUNGGULAN HUBUNGAN INTERNASIONAL UNIVERSITAS MUHAMADIYAH MALANG


Pada tahun 2004 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang secara resmi membuka Jurusan Hubungan Internasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 467/D/T/2004 yang penyelenggaraannya dilaksanakan pada tahun akademik 2005/2006 dan memperoleh perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dengan Surat Ditjend DIKTI No.3197/D/T/2007, kemudian Terakreditasi pada tahun 2008 dengan Surat Keputusan BAN-PT No.032/BAN-PT/Ak-XI/S1/XII/2008. Jurusan Hubungan Internasional UMM merupakan Jurusan termuda yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.Jurusan ini telah mendapat perkembangan,hal ini terjadi karna fasilitas kampus yang mendukung dan kerjasama yang telah di lakukan untuk mempermudah mahasiswa dalam pembelajarannya dan berkerjasama dengan, antara lain dengan Departemen Luar Negeri RI, CSIS Jakarta (Centre for Strategic and  International Studies), Biro Kerjasama Bagian Kerjasama Luar Negeri ,Pemerintah Propinsi Jawa Timur, dan lain-lain. Saat ini telah & sedang dikembangkan beberapa kelompok studi di jurusan Hubungan Internasional UMM ini, antara lain CEAS (Centre for East Asia Studies), CoMES (Center of Middle East) & CIS(Centre for Intermestic Studies).
UMM juga mengadakan go Internasional pembelajaran jurusan HI lebih di tujukan pada studi HI Asia, di dunia internasional sebagai ciri khas institusi Perguruan Tinggi Islam. Jurusan HI UMM juga mempelajari Studi Kawasan Amerika, Eropa, Australia serta isu-isu seputar globalisasi, studi strategis, studi keamanan & resolusi konflik maupun studi internasional & domestik.

·         Program studi ilmu hubungan internasional    adalah                                                                    suatu bidang studi interdisipliner yang dipola untuk mempersiapkan para lulusannya untuk memasuki dunia yang multikultural, baik secara makro maupun mikro. Tuntutan akan lulusan hubungan internasional semakin tinggi dari waktu ke waktu, seiring dengan globalisasi meningkatkan kecenderungan interaksi ekonomi, dan politik diberbagai negara baik di sektor publik maupun swasta. Peluang kerja lulusan Hubungan Internasional antara lain di bidang/sektor : organisasi pemerintah dan non-pemerintah, perdagangan luar negeri, diplomasi, masalah-masalah luar negeri, pelayanan humaniter, politik, peneliti, perusahaan multinasional, pendidikan dan media massa, baik cetak maupun elektronik.
Untuk mempersiapkan lulusannya agar mampu bersaing dalam dunia kerja yang kompetitif, kurikulum Program studi Ilmu Hubungan Internasional IISIP Jakarta dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengikuti kebutuhan pasar dan kecenderungan hubungan internasional yang sedang berlangsung saat ini yaitu berkembangnya hubungan ekonomi politik internasional di berbagai kawasan. Berdasarkan fenomena tersebut, Program studi Ilmu Hubungan Internasional IISIP Jakarta mewadahinya dengan pembentukan konsentrasi pada kurikulum pendidikannya. Konsentrasi tersebut adalah Ekonomi Politik Internasional dan Studi Kawasan. Dengan mempelajari kedua konsentrasi tersebut dapat mengetahui regulasi ekonomi internasional, aktor-aktor yang kuat di bidang ekonomi internasional, serta kelebihan dan kekurangan kekuatan politik di kawasan tersebut.
Sebagai penunjang konsentrasi tersebut maka Program studi Ilmu Hubungan Internasional IISIP Jakarta mengkaji bidang Ekonomi Politik Internasional, Ekonomi Internasional, Bisnis Internasional, Ekonomi Politik, Masalah-masalah Negara Berkembang, Hubungan Internasional di Asia Tenggara, HI di Eropa, HI di Asia Pasifik, HI di Timur Tengah, Politik Global Amerika Serikat, Politik Global Cina, dan lain-lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar